Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firmware X96 Mini Amlogic S905W Android TV 9

Firmware X96 Mini Amlogic S905W Android TV 9 - Di awal kemunculan nya, X96 mini menjadi Android TV Box yang paling laris di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Dengan harga yang terjangkau bahkan 50 persen lebih murah dari Xiaomi Mibox S, banyak orang tertarik membeli produk ini untuk mengubah televisi biasa menjadi Android TV

Namun tahukah anda jika X96 mini memiliki berbagai kekurangan, salah satu yang paling sering ditemui adalah terjadinya bootlop atau bahkan brick yang diakibatkan panas nya suhu prosessor dan board dari perangkat ini.

Suhu panas yang berasal dari prosessor dan board X96 mini berasal dari terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sistem operasi bawaan juga menjadi penyebab utama terjadinya suhu panas. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan perubahan pada sistem operasi bawaan nya ke sistem operasi Android TV.

Untuk melakukan perubahan sistem operasi ini diperlukan proses flash firmware. Sistem operasi Android TV merupakan sistem operasi yang ringan untuk perangkat Android TV Box yang dapat memaksimalkan performa perangkat yang digunakan.


Daftar Isi

Apa itu X96 Mini?

 
X96 Mini adalah sebuah perangkat Android TV Box yang berfungsi sebagai alat yang mengubah televisi biasa menjadi perangkat Android TV dan dapat menjalankan berbagai aplikasi serta konten streaming seperti Netflix, Youtube, Disney Hotstar, dan aplikasi streaming lain nya.

Perangkat ini biasanya menggunakan sistem operasi Android AOSP, sistem operasi ini mirip dengan sistem operasi Android Mobile. Namun kekurangan dari sistem operasi ini adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga dapat mempengaruhi kinerja prosessor dan RAM. Biasanya, sistem operasi ini menyebabkan suhu yang panas.  

Firmware X96 Mini Amlogic S905W Android TV 9

X96 Mini ini dibekali oleh SoC Amlogic S905W dengan RAM 2GB dan 8GB Internal Memory. Terdapat juga varian 1 GB dengan harga yang lebih murah. Material yang digunakan terbuat dari bahan plastik. Namun karena bentuknya yang cukup mungil, hal ini memudahkan anda untuk menempatkan perangkat ini tanpa memakan banyak tempat. 

X96 Mini memiliki port HDMI yang digunakan untu menghubungkan perangkat ini ke televisi, serta berbagai port seperti USB, microSD, dan port ethernet. Dengan menggunakan koneksi internet, anda dapat mengakses berbagai layanan streaming seperti Netflix, YouTube, Spotify, dan lainnya. 

Selain itu, perangkat ini mendukung berbagai format media sehingga anda dapat memutar video, musik, dan foto melalui penyimpanan eksternal seperti flashdisk tau  Micro SD.

Fungsi Firmware X96 Mini Android TV 9


Firmware Android TV 9 yang saya gunakan dalam melakukan proses flash ini dapat meningkatkan performa dari X96 Mini. Penggunaan remotenya pun menjadi lebih mudah digunakan. Selain itu, dengan adanya Google Playstore TV yang sudah terinstall di dalam Firmware ini memudahkan anda mendapatkan aplikasi yang lebih ringan dan kompatibel dengan sistem operasi Android TV pada umumnya.

Alat dan firmware yang dibutuhkan


Sebelum melakukan flash Firmware X96 Mini Android TV 9 siapkan dulu alat-alat nya. Untuk firmware dan software usb burning tools nya anda bisa download di link yang sudah saya sediakan di sini link Google Drive ini : Download Firmware X96 Mini Android TV 9


Untuk alat flash nya siapkan kabel USB male to male dan 1 buah obeng kecil untuk menekan tombol reset yang ada di port AV out. 

Cara Flash Firmware X96 Mini Android TV 9


  1. Buka aplikasi USB burning tools, kemudian import Firmware, uncheck erase bootloader, kemudian klik start.
  2. Masukkan 1 ujung kabel  USB male to male ke port komputer atau laptop.
  3. Tekan dan tahan tombol reset di dalam port AV di X96 mini.
  4. Masukkan 1 ujung kabel USB male ke port 2 X96 mini.
  5. X96 mini akan terdeteksi di USB burning tools dan proses flashi akanotomatis berjalan. 
  6. Tunggu sekitar 3 menit. Setelah selesai kita tes langsung. Dan anda bisa langsung login google dan install aplikasi yang dibutuhkan.

Kesimpulan


Proses flash Firmware adalah proses menginstall ulang atau merubah sistem operasi yang ada di X96 Mini. Proses ini dapat menjadi solusi jika anda menghadapi masalah seperti performa yang lambat, kesalahan sistem seperti bootlop atau brick, atau jika anda ingin mengupgrade sistem operasi bawaan ke sistem operasi Android TV.

Namun, proses flash Firmware ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan masalah seperti bootlop atau brick. Perhatikan langkah demi langkah yang telah saya tulis di atas.

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai cara flash firmware X96 mini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Firmware X96 Mini Amlogic S905W Android TV 9"