Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Flash Firmware Dens TV V2Y Android 9

Firmware Dens TV V2Y merupakan hal yang paling dicari saat ini. Selain karena fungsinya, firmware  ini digunakan untuk kustomisasi tampilan agar tampilan nya menjadi user friendly dan mudah digunakan.

Faktor kedua yang membuat firmware ini banyak dicari adalah komplabilitas aplikasi. Jika anda menggunakan firmware ini, anda dapat install berbagai macam aplikasi melalui Google Playstore seperti Vidio, Disney Hotstar, WeTV, dan lain-lain.

Di artikel ini saya akan menjelaskan tutorial flash Dens TV V2Y dari firmware original ke custom firmware.

Daftar Isi

Apa Itu Dens TV V2Y


Dens TV V2Y merupakan salah satu produk dari ISP (Internet Service Provider) CBN yang bekerja sama dengan Dens TV yang merupakan perusahaan streaming channel televisi. Perangkat ini diproduksi oleh ZTE dan bekerja sama dengan PT. Panggung Electric Citrabuana.

Perangkat ini dibekali oleh SoC Amlogic S905X RAM 1GB dan memori internal 8 GB (4GB sistem + 4GB penyimpanan) dan memiliki sistem operasi Android TV 9. Di OS bawaan nya tidak memiliki Google Playstore dan itu menjadi salah satu kekurangan perangkat ini.

Firmware Dens TV V2Y

Board PCB nya serupa dengan ZTE B860H V1 & V2 dari Indihome, namun pembedanya hanya ada di sistem operasinya saja, untuk versi Indihome masih Android 6 sedangkan Dens TV V2Y ini sudah dibekali oleh OS Android TV 9.

Fungsi Firmware Dens TV V2Y


Firmware merupakan hal yang sangat krusial dalam dunia Android TV Box. Selain untuk kustomisasi, firmware digunakan untuk memperbaiki perangkat yang bootloop ataupun Brick.

Kelebihan dari firmware Android 9 ini adalah kinerja nya yang lebih ringan, menu interface yang user friendly dan tentunya sudah support banyak aplikasi. Ada satu kelemahan untuk kompabilitas aplikasi, yaitu di aplikasi Netflix yang harus menggunakan Netflix TV MOD. 

Kalian bisa juga menggunakan Netflix KODI yang sudah saya post di artikel sebelum nya tentang cara instalasinya.
 

Tutorial Flash Dens TV V2Y


Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan untuk melakukan proses flash yaitu menyiapkan alat - alat, software, firmware, instalasi software dan proses flash firmware. berikut adalah tahap - tahap yang harus dilakukan.
 

Alat yang dibutuhkan 


Proses flash ini mirip dengan proses flash STB Indihome. Alat – alat yang dibutuhkan yaitu USB to TTL, pinset untuk melakukan tespoint, adaptor 12 Volt, dan kabel USB Male to Male. Untuk caranya kalian bisa ikuti stepnya dibawah ini:

Instalasi software


Download driver WorldCup Device, ekstract kemudian install. Driver ini diperlukan agar Dens TV V2Y terdeteksi di mode update.

Firmware Dens TV V2Y

Download dan install aplikasi Putty, dan jangan lupa untuk install juga driver USB to TTL yang kalian gunakan. Driver ini berbeda tergantung type dari USB to TTL yang kalian gunakan.

Firmware Dens TV V2Y

USB to TTL yang saya gunakan adalah type CH340, jika anda menggunakan USB to TTL sama seperti yang saya gunakan kalian bisa download driver USB to TTL CH340 disini.

Firmware Dens TV V2Y

Setting Putty


Pastikan USB to TTL sudah tertancap di port USB komputer dan drivernya udah terinstall. Buka aplikasi Putty, buka juga device manager di komputer. 

Rubah connection type ke serial, isi 115200 di bagian speed, dan di bagian serial line kalian bisa samakan dengan ports (COM & LPT) di Device Manager. Kalian bisa save session nya, beri nama sesuai dengan selera kalian.

Firmware Dens TV V2Y

Proses Flash firmware Dens TV V2Y Android 9


Download dulu file Firmware Dens TV V2Y Android 9 dan tools flashernya disini kemudian ekstract file nya.

Firmware Dens TV V2Y

Tempelkan kabel 3 kabel dari USB to TTL di port Board TTL Android TV Box, pastikan posisinya sesuai RX ke RX, TX ke TX dan GND ke GND, atau bisa kalian ikuti seperti di gambar.

Firmware Dens TV V2Y

Kembali ke aplikasi Putty, open session yang tadi dibuat, colokin adaptornya, tunggu 1-2 detik lalu lakukan tespoint, untuk titik tespoint nya adalah di R87, kalian bisa lihat lokasi R87 di gambar ini.

Firmware Dens TV V2Y

Jika tespoint berhasil maka di layar aplikasi Putty akan berhenti di mode gxl_p1212_v1#, ketik saja update. Lalu colokin kabel USB Male to Male ke port USB Komputer, dan ujung satu nya lagi ke port USB 2. Komputer akan mendeteksi perangkat secara otomatis.

Gambar di bawah ini adalah petunjuk jika Dens TV V2Y berhasil terdeteksi di mode update di komputer.

Firmware Dens TV V2Y

Buka tools flasher Dens TV V2Y, langsung aja pilih no 2 untuk melakukan proses flashing, tunggu sampai selesai.

Firmware Dens TV V2Y

Firmware Dens TV V2Y

Jika proses flashi sudah selesai, tutup semua sesi aplikasi, cabut kabel usb Male to Male dan adaptor. Dan proses flash ini sudah berhasil, coba nyalakan dan lakukan setting hingga ke home screen. 

Kesimpulan


Jika kalian ingin menambahkan aplikasi seperti Tivimate IPTV, Disney Hotstar, WeTV, Vidio, kalian bisa install langsung dari Google Playstore atau juga bisa install banyak aplikasi melalui Minimal ADB & Fastboot.

Posting Komentar untuk "Tutorial Flash Firmware Dens TV V2Y Android 9"