Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware TX3 Mini Amlogic S905W Android TV 9

Firmware TX3 Mini Amlogic S905W Android TV 9 -  Tanix TX3 Mini merupakan Android TV Box pabrikan China yang banyak beredar di beberapa marketplace. Android TV Box ini memiliki 2 tipe prosessor yaitu Amlogic S912 dan Amlogic S905W. 

Firmware TX3 Mini

Tanix TX3 Mini dibekali oleh sistem operasi AOSP (Android Open Source Project) yang merupakan sistem operasi yg mirim seperti sistem operasi yang ada di Android Mobile dengan Google Playstore versi mobile yang memungkinkan pengguna menginstall aplikasi yang dibutuhkan. 

Namun sayangnya sistem operasi ini kurang efektif digunakan di Tanix TX3 Mini, karena beberapa aplikasi yang di download dari Google Playstore merupakan aplikasi versi mobile yang tidak mendukung remote. Dan tidak jarang para pengguna memerlukan mouse untuk mengoperasikan beberapa aplikasi yang telah didownload dari Google Playstore.

Firmware atau sistem operasi  AOSP TX3 Mini memang ada terlalu banyak bug dan memang sebaiknya jangan terlalu banyak install aplikasi. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan  update sistem operasi bawaan ke sistem operasi Android TV 9.

Daftar Isi

Apa itu Firmware TX3 Mini?


Firmware TX3 Mini adalah file sistem operasi yang digunakan untuk update firmware atau mengatasi Bootloop bahkan brick. Firmware yang saya gunakan adalah versi Android TV 9 yang tampilan nya lebih user friendly dan memiliki navigasi yang mudah. 

Kelebihan lain dari firmware ini adalah meningkatkan performa, mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan tentunya banyak juga aplikasi yang support untuk di install. 

Terlebih lagi Google Playstore yang ada di firmware ini adalah Google Playstore versi TV. Sehingga anda dapat mengoperasikan aplikasi yang telah didownload menggunakan remote bawaan nya.

Di artikel ini saya akan flash dulu ke firmware Alice UI AOSP lalu saya upgrade lagi ke Android 9 melalui file OTA ZIP. Proses flash firmware Alice UI  berfungsi sebagai jembatan untuk upgrade ke Android 9, karena jika saya langsung upgrade melalui file zip, maka dipastikan proses tersebut akan gagal.

Alat - Alat yang dibutuhkan 


Alat alat yang digunakan untuk melakukan proses flash adalah kabel usb male to male dan jarum untuk menekan tombol reset yang ada di belakang Android TV box. 

Aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses flashing adalah aplikasi USB Burning Tools Versi 2.1.6. Aplikasi ini digunakan untuk menghapus seluruh sistem operasi bawaan nya ke sistem operasi baru.


Cara flash Android 9 Alice UI melalui USB Burning Tools


  • Download USB Burning Tools nya disini dan firmware Alice UI nya disini.
  • Buka aplikasi USB Burning Tools
    Versi 2.1.6 lalu import file firmwarenya.
  • Uncheck Erase Bootloader.
  • Lalu tekan tombol start di
    aplikasi USB Burning Tools.
  • Posisi tombol reset ada di bawah Android TV Box, tekan dan tahan tombol reset, lalu colokkan kabel usb male to male di
    port usb dekat port micro sd.
  • Maka proses flashing akan
    otomatis berjalan.
  • Tekan stop jika proses flashing
    USB Burning Tools sudah selesai.

Cara flash Android TV 9 melalui OTA Alice UI

  • Download dulu file OTA Android TV 9 : Download versi 2019 disini, dan versi 2018 disini.
  • Nyalakan Android TV Box TX3 Mini
    sampai ke homescreen.
  • Setelah masuk ke homescreen saya
    akan update firmware ke Android TV 9 melalui OTA
  • Copy file ZIP nya ke flashdisk.
  • Pilih local update, lalu pilih TX3 Mini 2018 ZIP file.
  • Setelah itu pilih update.
  • Tunggu sampai proses update
  • melalui sdcard ini selesai, dan TX3 Mini akan otomatis booting ke homescreen. Lakukan setting bahasa, waktu, dll. 

Kesimpulan


Jika anda ingin menambahkan aplikasi seperti Tivimate IPTV, Disney Hotstar, WeTV, Vidio, anda dapat  install melalui Minimal ADB & Fastboot dari komputer atau bisa juga install langsung dari aplikasi Google Playstore.

Demikian artikel ini tentang cara
flash firmware Android TV Box TX3 Mini. Jika ada pertanyaan silahkan
tinggalkan di kolom komentar. 

Posting Komentar untuk "Cara Flash Firmware TX3 Mini Amlogic S905W Android TV 9"