Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware Transvision Xtream Gen 2 Android TV 9

Cara Flash Firmware Transvision Xtream Gen 2 - Seperti yang kita ketahui bahwa peredaran Android TV Box saat ini begitu pesat di berbagai marketplace. Namun dari sekian banyaknya produk yang beredar di pasaran, ada salah satu perangkat streaming yang menurut saya memiliki performa yang cukup bagus di kelasnya. 

Firmware Transvision Xtream Gen 2

Ya Transvision Xtream Gen 2 merupakan Android TV Box dari provider Internet Transvision. Performa nya bisa diadu dengan berbagai Android TV Box di kelasnya seperti ZTE B860H V5, Mibox S, HG680 FJ, dan ataupun Akari AX512.

Namun untuk mendapatkan performa terbaik, anda perlu modifikasi firmware nya ke custom firmware. Selain performanya yang meningkat, custom firmware ini menjadikan perangkat ini memiliki interface Android TV pada umumnya.

Di artikel ini  saya menjelaskan tutorial ganti firmware original ke custom firmware nya.


Daftar Isi

Apa itu Custom Firmware?


Custom firmware Transvision Xtream Gen 2 adalah perangkat lunak yang dimodifikasi untuk menghilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan. 

Selain itu ada juga yang ditambahkan seperti launcher, dan akses root yang tentunya memudahkan anda untuk menghapus aplikasi sistem.

Kelebihan Custom Firmware


Salah satu kelebihan custom firmware ini adalah merubah interface bawaan ke interface Android TV Home. Tidak seperti interface bawaan nya, interface Transvision Xtream Gen 2 akan lebih tertata rapi dan lebih user friendly setelah anda melakukan proses flashing custom firmware Transvision Gen 2 ini.

Perlu anda ketahui juga jika custom firmware Transvision Xtream Gen 2 dapat juga digunakan untuk Transvision Xtream Gen 2 yang ada logo HDMI di barcode serial number nya. 

Alat - Alat yang dibutuhkan


Untuk melakukan proses flash custom rom anda tidak perlu alat - alat yang sulit untuk dicari. Anda dapat membeli alat - alat nya anda dapat membelinya di toko komputer terdekat. 

Berikut di bawah ini alat alat yang dibutuhkan dan kegunaan nya untuk melakukan proses flash Transvision Xtream Gen 2 :
  • Kabel USB Male to Male : Berfungsi untuk menghubungkan Android TV Box ke komputer atau laptop melalui aplikasi USB Burning Tools.
  • Jarum untuk menekan tombol reset : Jarum ini berfungsi untuk menekan tombol reset yang nanti akan ditekan bersamaan dengan kabel usb male to male.
  • Adaptor : Sebenarnya adaptor tidak terlalu diperlukan dalam proses flash, namun untuk jaga - jaga, adaptor digunakan ketika ada keterangan low power di aplikasi USB Burning Tools.
Firmware dan Aplikasi yang dibutuhkan :
  • USB Burning Tools : Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses flash untuk Android TV Box yang memiliki SoC Amlogic. Karena Transvision Xtream Gen 2 ini memiliki SoC amlogic juga, maka kita wajib menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses flashing.
  • Firmware Transvision Xtream Gen 2 Android 9 : Custom firmware yang saya gunakan di proses flash ini adalah firmware Android TV 9. Meskipun Transvision Xtream Gen 2 sudah mendapatkan update ke Android TV 10, tetapi custom firmware Android TV 9 ini masih dapat digunakan dan ringan untuk Transvision Xtream Gen 2 ini. 
Custom Firmware Transvision Xtream Gen 2 Android TV 9 dan Aplikasi USB Burning Tools dapat anda dapatkan disini.

Cara Flash Firmware Transvision Xtream Gen 2 Android TV 9


Untuk melakukan proses flash custom firmware, ini anda membutuhkan komputer atau laptop yang sudah terinstal Windows 7, Windows 10, atau Windows 11. 

Jika anda sudah menyiapkan alat - alat, firmware, dan aplikasi yang dibutuhkan, maka tahap selanjutnya adalah melakukan proses flash custom firmware. 

Berikut adalah step by step cara flash custom firmware Transvision Xtream Gen 2 :
  1. Ekstrak file zip yang sudah anda download melalui link yang saya sertakan di atas.
  2. Install terlebih dahulu aplikasi USB Burning Tools.
  3. Buka aplikasi USB Burning Tools, kemudian import file custom firmware Transvision Xtream Gen 2, uncheck kotak erase bootloader.
  4. Masukkan kabel usb male to male ke komputer atau laptop.
  5. Tekan dan tahan tombol reset, lalu masukkan kabel usb male to male ke port USB 1 Transvision Xtream Gen 2.
  6. Colokkan adaptor ke Transvision Xtrem Gen 2 lalu klik start untuk memulai proses flash, tunggu sampai proses flash selesai. 
  7. Jika proses flash sudah selesai jangan cabut dulu kabel usb male to male, tekan stop di aplikasi USB Burning Tools.
  8. Buka folder selinux transvision untuk mengaktifkan akses root, klik Enable Selinux.bat
  9. Proses flash custom firmware Transvision Xtream Gen 2 sudah selesai, anda bisa coba nyalakan dan install aplikasi lain nya.
Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya anda melakukan update semua aplikasi di Google Playstore. Dan bagi anda penggemar Netflix, anda bisa menggunakan Netflix TV All device ataupun Netflix KODI.

Kesimpulan 


Proses flash custom firmware dapat dilakukan siapa saja dengan alat yang mudah didapatkan. Tapi anda juga perlu memperhatikan step by step yang saya tuliskan di atas, pastikan juga jangan sampai komputer atau laptop mati mendadak.

Jika anda salah melakukan proses flash atau komputer mati saat proses flash, maka Transvision Xtream Gen 2 akan mengalami Bootlop bahkan Hard Brick.

Posting Komentar untuk "Cara Flash Firmware Transvision Xtream Gen 2 Android TV 9"