Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware H96 Max Android TV 11

Firmware H96 Max Android TV 11 - H96 Max merupakan Android TV Box yang banyak dijual di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak maupun Lazada. Bahkan penjualan H96 Max bisa mencapai ribuan di beberapa marketplace tersebut.

Daftar Isi

Apa Itu H96 Max


H96 Max tidak memiliki kejelasan tentang Produsen yang memproduksi Android TV Box, tetapi jika kalian merujuk di pencarian Google, ada beberapa perusahaan yang mencantumkan produk ini ke list produk utama nya. 

Firmware H96 Max

H96 Max tidak memiliki Google Certified dan Netflix Certified. Android TV Box ini memiliki banyak varian yaitu varian RAM 2GB/16GB, 4GB/32GB, dan 4GB/64GB. Android TV Box ini masih menggunakan Android AOSP di firmware bawaan nya, dan akan terasa agak berat dan cepat panas dikarenakan firmware Android AOSP terlalu banyak menjalankan aplikasi latar belakang.

Alat-alat  yang dibutuhkan


Di artikel ini saya akan menjelaskan tutorial Flash Firmware H96 Max Android TV 11 4K Ultra HD yang memiliki varian RAM 4 GB dan 16 GB Internal Memory. 

Alat alat yang dibutuhkan untuk melakukan proses flash ini adalah kabel usb male to male, dan jarum untuk menekan tombol reset.

Firmware dan Software Flash H96 Max 


Software flash yang digunakan untuk melakukan proses flash firmware H96 Max ini adalah Rockchip Factory Tools, jangan lupa install Rockchip Driver di computer atau laptop agar perangkat ini bisa terdeteksi di komputer.

Software dan Drivernya bisa kalian download di bawah :
H96 Max memiliki beberapa varian dan board berbeda juga, saran saya sebaiknya buka box nya terlebih dahulu untuk mengetahui kode board dan warna board nya. 

Firmware yang digunakan pun berbeda, dibawah ini saya akan memberikan beberapa firmware yang bisa kalian coba jika terjadi kendala hardware.

Jika firmware nya tidak cocok dengan board nya, Wi-fi dan Bluetooth akan bermasalah atau nonaktif. Jika terjadi masalah seperti tadi anda bisa mencoba firmware lain.



Tutorial Cara Flash Firmware H96 Max Android TV 11


Firmware H96 Max

Ekstract dan install Rockchip Driver di komputer.

Firmware H96 Max

Extract dan buka Rockchip Factory Tools.

Firmware H96 Max

Klik tombol firmware untuk import file flash firmware H96 Max.

Firmware H96 Max

Rubah mode flash di software Rockchip Factory Tools dari mode upgrade ke mode restore lalu klik run

Firmware H96 Max

Colokin kabel usb male to male ke komputer, tekan dan tahan tombol reset (posisi tombol reset ada di dalam port AV Out), colokin kabel usb male to male ke port usb 2.0 H96 Max.
H96 Max akan terdeteksi di mode maskrom dan proses flashing akan otomatis berjalan.

Firmware H96 Max

Jika proses flashing sudah selesai copot kabel usb male to male dan nyalakan H96 Max. Lakukan setting hingga ke home screen.

Firmware H96 Max

Cek Wi-fi dan Bluetooth apakan bisa mendeteksi SSID Wi-fi dan Bluetoothnya bisa mendeteksi perangkat lain seperti speaker Bluetooth atau gamepad Bluetooth.
Jika tidak dapat mendeteksi lakukan flash ulang dan ganti firmware nya ke Android TV 10 atau Android TV 9.

Kesimpulan


Perlu diperhatikan dalam proses flashing jangan sampai kabel usb male to male tercabut, jangan samapai juga komputer atau laptop mati, karena jika hal tersebut terjadi maka H96 Max akan mengalami Hard Brick dan harus dilakukan tespoint untuk proses flash nya.

Firmware H96 Max ini sangat ringan dan meminimalisir aplikasi yang bejalan di latar belakang. Firmware ini sudah support remote asli nya. Perlu diperhatikan juga tidak semua type H96 Max support firmware ini. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan itu bukan merupakan tanggung jawab saya. Do with your own risk.

Posting Komentar untuk "Cara Flash Firmware H96 Max Android TV 11"