Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Akari AX512 Stuck Recovery Mode

Baru baru ini Akari AX512 mendapatkan update ke Android 10 dai XL Home. Untuk anda yang menggunakan firmware originalnya ini bukan termasuk hal yang perlu dikhawatirkan. Namun jika anda telah menggunakan custom firmware, perangkat yang mendapatkan OTA update akan stuck di recovery mode.

Recovery mode sebenarnya menu yang membantu penggunanya untuk melakukan update, membersihkan cache dan data, anda juga bisa melakukan reset ke pengaturan awal di menu recovery mode. Namun jika anda memilih reboot system di recovery mode dan kembali booting ke menu ini, maka bisa dipastikan Akari AX512 mengalami gagal update OTA. Untuk mengatasi hal ini anda memerlukan tutorial khusus agar dapat kembali normal.


Daftar Isi

Penyebab Akari AX512 Stuck Recovery Mode


Akari AX512 stuck recovery biasanya diakibatkan gagal update firmware OTA. Sebenarnya update firmware OTA didapatkan langsung dari XL HOME. 

Untuk anda yang masih menggunakan original firmware dari XL HOME, anda tidak akan terjebak di recovery mode saat update firmware OTA ini selesai dilakukan. Tetapi berbeda dengan anda yang menggunakan custom firmware, anda akan terjebak di menu recovery karena masalah keamanan dari custom firmware itu sendiri. 

Alat - Alat  Firmware yang diperlukan


Alat - alat yang diperlukan untuk memperbaiki masalah ini adalah Micro SD. Untuk firmware yang digunakan untuk memperbaiki AX512 recovery adalah dua file original firmware OTA Android 9 dan Android 10. Silahkan download firmware nya di bawah ini:


Akari AX512

Perlu diperhatikan juga jika anda masih ingin menggunakan Android 9 setelah downgrade menggunakan firmware OTA, anda harus flash lagi menggunakan firmware Android TV 9 anti upgrade. Jika anda ingin menggunakan Android 10, upgrade lagi melalui OTA di menu recovery.


Cara downgrade Akari AX512 ke Android 9 

  • Copy dua file original firmware OTA Android 9 dan Android 10 ke micro sd.
  • Eject micro sd dan masukkan ke port micro sd Akari AX512.
  • Pilih wipe data dan factory reset terlebih dahulu.
  • Pilih apply update from sdcard.
  • Proses downgrade akan otomatis berjalan, tunggu sampai selesai.
  • Proses downgrade telah selesai, Akari AX512 akan otomatis booting ke Android 9.

Cara upgrade Akari Ax512 ke Android 10 


Untuk upgrade ke Android 10 melalui OTA recovery, kita perlu cabut adaptor, dan masuk ke menu recovery dengan cara tekan dan tahan tombol reset lalu colokin adaptornya lagi.

  • Pilih wipe data dan factory reset.
  • Kemudian pilih apply update from ext.
  • Pilih apply update from sdcard lagi untuk proses upgrade ke Android 10.
Proses upgrade Firmware OTA sudah selesai, Akari AX512 akan otomatis booting sampai ke menu setting, lakukan setting sampai ke home screen. 

Kesimpulan


Jika anda ingin menambahkan aplikasi seperti Tivimate IPTV, Disney Hotstar, WeTV, Vidio, anda dapat menginstallnya melalui komputer atau laptop menggunakan aplikasi Minimal ADB & Fastboot atau anda juga dapat menginstall langsung melalui aplikasi Google Playstore.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Akari AX512 Stuck Recovery Mode"