Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware Polytron PDB-M11 Android 9

Ketika Mola TV menjadi pemegang hak siar Liga Inggris selama 3 musim berturut - turut, yaitu pada tahun 2019 - 2022, Mola TV merilis streaming device yaitu Polytron PDB M-11. Mola TV dapat disaksikan melalui TV Satelit dan melalui aplikasi di Android. 

Namun seiring maraknya peredaran Android TV dan Android TV Box, Mola TV merilis perangkat streaming yang dirancang khusus untuk pengguna yang masih menggunakan TV lama tanpa harus mengganti ke Android TV. 

Firmware Mola TV Polytron PDB-M11

Nah apakah ketika hak siar Liga Inggris untuk Mola TV berdampak pada ke perangkat ini Tentu saja tidak. Karena pihak Polytron sendiri memberikan update kepada para pengguna dan tidak mengunci perangkat ini sehingga dapat digunakan untuk aplikasi lain selain Mola TV. 

Polytron PDB M-11 sebenarnya sudah memiliki Google Certified dan mendukung voice assistant, namun di paket pembelian nya, tidak disertakan remote bluetooth yang sudah support voice assistant. 

Di  artikel ini saya akan menjelaskan tutorial flash firmware Polytron PDB-M11. Ikutin saja step by step nya.

Daftar Isi

Apa itu Firmware Polytron PDB M-11 


Firmware Polytron PDB M-11 adalah file sistem operasi yang digunakan untuk merubah tampilan, akses perangkat, aplikasi ke tampilan Android TV pada umumnya. Untuk menggunakan firmware ini, anda memerlukan alat - alat dan aplikasi khusus untuk menanamkan firmware ini  ke perangkat anda.

Fungsi Firmware Polytron PDB M-11


Selain untuk kustomisasi, firmware ini berfungsi untuk menstabilkan performa dari Polytron PDB M-11, dan menambahkan dukungan ke berbagai aplikasi yang sebelum nya tidak bisa diinstall seperti aplikasi Netflix, Tivimate, OTT Navigator, dan aplikasi lain.

Alat - Alat yang dibutuhkan 


Untuk melakukan proses flash firmware Polytron PDB M-11 anda membutuhkan alat - alat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke komputer atau laptop. Oh ya, anda wajib menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan proses flash. 

Berikut adalah alat - alat yang dibutuhkan untuk melakukan proses flash :
  1. Kabel USB Male to Male: berfungsi untuk menghubungkan perangkat STB Android  ke Komputer atau laptop. 
  2. Jarum: Untuk menghubungkan perangkat ke komputer atau laptop melalui mode update/burn dengan cara menekan tombol reset.
  3. Adaptor 5V: Ketika ada keterangan low power di aplikasi USB Burning Tools, maka proses flash membutuhkan adaptor. Biasanya ini terjadi di laptop.

Software dan Firmware yang Dibutuhkan 


Sebelum melakukan proses flash, anda diharus kan terlebih dahulu mendownload software dan firmware Polytron PDB M-11 Android 9, silahkan download melalui link di bawah ini:
  • Download software USB Burning Tools
  • Download Firmware Polytron PDB M-11 Android 9 

Cara Flash Firmware Mola TV Polytron PDB-M11 Android 9


Proses flash ini terbagi menjadi 2 tahap yaitu proses flash ke Android 9 melalui apikasi USB Burning Tools dan melalui Updater. Karena ada beberapa type yang belum mendapatkan update ke Android 9. Berikut adalah step by step cara flash nya :
  1. Ekstrak semua file yang telah di download.
  2. Install software USB Burning Tools sampai selesai.
  3. Import file firmware di aplikasi USB Burning Tools.
  4. Uncheck erase bootloader, kemudian klik start.
  5. Masukkan kabel USB male to male ke port USB komputer/laptop.
  6. Tekan dan tahan tombol reset lalu masukkan kabel USB male to male ke port USB 1 Polytron PDB M-11, dan proses flash di aplikasi USB Burning Tools akan otomatis berjalan. 
  7. Jika ada keterangan "low power", masukkan adaptor, cabut kabel USB male to male lalu masukkan lagi. Tunggu sampai proses flash selesai. 
  8. Jika proses flash melalui USB Burning Tools sudah selesai jangan cabut dulu kabel USB male to male. Lanjut ke proses flash melalui Updater.
  9. Buka folder MOLA, lalu klik dua kali file flash.bat.
  10. Tunggu sampai proses flash selesai dan perangkat akan otomatis booting.

Kesimpulan


Firmware ini merupakan firmware yang ringan dan tentu saja bisa digunakan untuk upgrade di Polytron PDB M-11 yang masih menggunakan Android 7 sebagai sistem operasinya.

Anda juga dapat menggunakan remote yang sudah support voice assistant jika anda ingin menggunakan voice assistant Google. Untuk menambahkan aplikasi lain anda bisa menginstall nya langsung di Google Playstore atau bisa juga menginstall melalui penyimpanan eksternal seperti flashdisk maupun micro sd. 

Posting Komentar untuk "Cara Flash Firmware Polytron PDB-M11 Android 9"