Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emuelec: OS Retro Game di Android TV Box

Jika anda anak kelahiran tahun 90'an pasti pernah bermain game Dingdong. Ya di tahun-tahun itu, Dingdong menjadi console game yang sangat populer pada masanya. Untuk mengobati rasa rindu dan kembali ke tahun 90'an, anda bisa mencoba sistem operasi EmuELEC, sistem operasi retro games.

Emuelec

Saat ini ada beberapa perangkat yang dijual ke pasaran menggunakan sistem operasi ini untuk menjalankan beberapa game jadul. Bahkan perangkan yang digunakan telah dimodifikasi sedemikian rupa menyerupai console game seperti Steam Deck atau Nintendo Switch.


Daftar Isi

Apa itu sistem operasi EmuELEC?


EmuELEC adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk menjalankan ROM game tertentu. Sistem operasi ini sebenarnya adalah sistem operasi LibreELEC yang dimodifikasi dan  disesuaikan agar dapat menjalakan berbagai macam emulator game. LibreELEC sendiri adalah sistem operasi open source yang menjalankan Kodi media center. EmuELEC dikembangkan oleh beberapa pengembang yang memiliki kontribusi dalam pengembangan sistem open source EmuELEC. Jadi, tidak ada pencipta untuk sistem ini.

Emuelec

Sampai saat ini EmuELEC masih merilis beberapa update terbarunya untuk berbagai perangkat. Anda bahkan dapat berkontribusi dalam forum nya. Untuk mendapatkan sistem operasi yang cocok untuk perangkat anda, anda dapat mengunjungi website Github EmuELEC. Disana, akan ada keterangan dan petunjuk mengenai perkembangan mengenai kompabilitas perangkat pendukung, penyesuaian bug, dan update lain nya terkait EmuELEC.

Perangkat yang dapat menjalankan sistem operasi EmuELEC


Kebanyakan para pengguna dari sistem operasi ini adalah orang yang biasanya menggunakan Android TV Box yang ingin mengubah perangkat yang mereka gunakan untuk menjadi perangkat untuk Emulator Game.

Ya, EmuELEC adalah sebuah sistem operasi khusus untuk menjalankan emulator game retro di perangkat yang memiliki arsitektur ARM. Namun anda harus membaca dulu mengenai dokumentasi perangkat untuk mengetahui kompabilitas perangkat yang anda gunakan.

Perangkat yang biasa digunakan untuk menjalankan sistem operasi EmuELEC ini adalah:

Raspberry Pi

Sistem operasi EmuELEC sudah dapat di jalankan di beberapa Raspberry Pi, seperti Raspberry Pi4, Raspberry Pi 3, dan Raspberry Pi 2. Raspberry Pi adalah device yang banyak digunakan untuk project retro game karena selalu mendapatkan pembaruan sistem, instalasi yang mudah, serta banyak orang
juga yang sudah menggunakan perangkat Raspberri Pi sebagai media penginstalan sistem operasi EmuELEC. Jadi jika terjadi masalah, anda bisa bertanya langsung di forum komunitas.

Odroid

Sistem operasi EmuElec juga dapat dijalankan di berbagai perangkat Odroid seperti Odroid N2, Odroid C4, dan Odroid XU4. Odroid adalah single board komputer yang kuat dan memiliki berbagai fungsi seperti mini PC dan mini server.

Android

Sistem operasi EmuELEC dapat dijalankan di beberapa perangkat Android yang memiliki arsitektur ARM seperti Android TV Box, Nvidia Shield, dan berbagai macam perangkat Android TV Box yang didukung oleh arsitektur ARM. EmuELEC dapat juga berjalan secara single boot, dan bisa juga dijalankan secara dual boot.

Selain perangkat yang ada diatas, ada beberapa perangkat ARM lainnya yang kompatibel dengan sistem operasi ini. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa kompabilitas sistem operasi ini tergantung pada tipe perangkat dan versi sistem operasi EmuELEC yang digunakan. 

Alangkah baiknya anda melihat terlebih dahulu dokumentasi resmi di website EmuELEC dan komunitasnya untuk mendapatkan informasi terupdate tentang perangkat apa saja yang mendukung sistem operasi EmuELEC.

Tujuan utama dari sistem operasi EmuELEC ini adalah menyediakan user experience untuk optimal untuk menjalankan berbagai emulator retro game yang tersedia di dalam sistem operasi EmuELEC. Interface dari sistem operasi EmueELEC termasuk sederhana, fiturnya lengkap, anda juga dapat mengkonfigurasikan controller, tampilan, dan update sistem.

Emuelec

File game yang dapat dijalankan di sistem EmuELEC


EmuELEC dapat menjalankan berbagai retro games dari berbagai platform games retro, seperti Nintendo, Sega, Playstation, Atari, dll. EmuELEC juga mendukung ROM atau file permainan dari emulator sistem tersebut, dan dapat di impor ke device dan dimainkan dengan bantuan emulator yang tersedia.

Jika anda ingin mengunduh ROM yang mendukung Emulator yang ada di EmuELEC, anda bisa cari di Google dengan kata kunci sesuai dengan emulator yang akan dimainkan.

Posting Komentar untuk "Emuelec: OS Retro Game di Android TV Box"