Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Termudah Mengganti Password Wifi Biznet

Cara Mengganti Password Wifi Biznet - Zaman sekarang internet sudah seperti kebutuhan sehari - hari. Bayangin saja kalau smartphone tidak memiliki akses internet, pasti terasa sangat membosankan. Untuk mendapatkan akses internet di smartphone ataupun perangkat lain bisa dengan 2 cara, yaitu melalui jaringan WiFi dari ISP dan melalui paket data kuota. 

Namun jaringan internet yang stabil biasanya didapat dari ISP yang sudah tersebar di beberapa daerah, dan seperti yang kita tahu bahwa Biznet menjadi salah satu ISP dengan koneksi internet tercepat dan stabil di Indonesia dan memang belum semua area tercover jaringan Biznet.

Cara Ganti Password Wifi Biznet

Diikuti oleh perkembangan zaman, perangkat yang dapat menangkap sinyal WiFi pun bertambah canggih. Ada yang sampai bisa menangkap hingga puluhan KM jauhnya. Karena itu anda perlu berhati - hati dengan cara mengecek secara berkala perangkat yang tersambung ke jaringan anda dengan cara mengeceknya secara berkala .

Daftar Isi

Mengapa Mengganti Kata Sandi Wi-Fi Biznet Anda?


Smartphone sekarang semakin canggih, bahkan untuk mengetahui kata sandi pun bisa dengan cara scan barcode. Oleh karena itu dengan mengganti kata sandi memiliki berbagai manfaat untuk jaringan internet anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya:
  • Jaringan stabil karena akses internet ke router hanya digunakan oleh orang - orang yang anda beri akses saja.
  • Mengantisipasi menyebarnya kata sandi karena sebagian smartphone saat ini sudah bisa mengetahui dengan hanya scan barcode.
  • Akses web login page aman karena anda sendiri yang mengelola user yang tersambung ke router WiFi anda.

Persiapan Sebelum Mengganti Password


Sebelum anda mengganti password, anda harus mencatat beberapa hal yang diperlukan untuk merubah password melalui web admin router Biznet anda. Nah berikut adalah beberapa hal yang harus anda catat:
  • Akses ke Router: Anda akan memerlukan akses ke router. Anda bisa melakukan ini melalui WiFi. Jika anda lupa, anda bisa melakukan nya melalui port ethernet dan tentunya memerlukan laptop atau komputer untuk mengaksesnya.
  • Username & Password Login page router: Untuk mengetahui username dan password anda bisa melihatnya di bagian bawah router.
  • Password Baru: Tentukan kata sandi baru yang kuat dan unik untuk menggantikan yang lama.

Cara Mengganti Password Wifi Biznet

Langkah 1: Mengakses Router Biznet

  1. Hubungkan komputer atau perangkat mobile Anda ke jaringan Biznet.
  2. Buka browser seperti Google Chrome atau Microsoft Edge.
  3. Di bagian alamat, masukkan alamat IP router.  Gunakan alamat IP "192.168.100.1" jika anda menggunakan router Huawei HG8245H5 atau "192.168.18.1." jika anda menggunakan router Huawei HG8245A
  4. Tekan Enter.

Langkah 2: Masuk Web Admin Router Biznet

  1. Anda akan diminta memasukkan username dan password. Gunakan nama pengguna dan kata sandi default Biznet. Username : Epuser, Password : userEP
  2. Jika Anda pernah mengubah password dan lupa, anda perlu mereset router namun mungkin anda perlu mengubungi customer service Biznet jika terjadi hal seperti ini.

Langkah 3: Buka Pengaturan Wi-Fi

  1. Setelah masuk, arahkan ke bagian WLAN, kemudian pilih WLAN Basic jika anda menggunakan router Huawei HG8245 H5 dan Huawei HG8245A

Langkah 4: Mengganti Password 

  1. Temukan bagian WPA PreSharedKey. Tampilan password akan berbentuk titik - titik, uncheck Hide untuk melihat kata sandi.
  2. Masukkan password baru.
  3. Pastikan kata sandi baru kuat, termasuk campuran huruf besar dan kecil, angka, serta karakter khusus.
  4. Simpan perubahan.

Langkah 5: Menyimpan Perubahan

  1. Setelah mengganti dan menyimpan password baru, tunggu router untuk menerapkan perubahan.
  2. Reconnect Wi-Fi menggunakan kata sandi baru pada perangkat anda.

Tips Tambahan untuk Keamanan

  • Gunakan mikrotik dan router tambahan jika memang anda ingin mengutamakan keamanan jaringan.
  • Pisahkan antara router utama dan bawaan agar orang yang mengakses jaringan internet tidak bisa menyebarkan dan mengganti password.
  • Aktifkan firewall bawaan router untuk meningkatkan keamanan.
  • Batasi jumlah pengguna yang connect ke jaringan internet. Default bawaan adalah 32, anda bisa membatasi misalnya cukup dengan anggota keluarga saja yang bisa terhubung.
  • Gunakan kombinasi kata sandi yang tidak umum dan susah ditebak.
  • Ganti SSID default menjadi nama yang unik untuk membuat jaringan WiFi sulit dikenali oleh orang lain.

Kesimpulan


Mengamankan jaringan internet dengan mengganti kata sandi secara rutin adalah cara agar jaringan anda dapat diamankan dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab. Tau sendiri kan zaman sekarang biasanya yang minta satu orang, pas dilihat yang connect ke jaringan WiFi bisa menjadi puluhan orang. 

Dengan mengikuti langkah - langkah yang diatas, anda dapat memastikan keamanan jaringan internet anda dan menjaga nya anda agar tetap stabil.

Posting Komentar untuk "Cara Termudah Mengganti Password Wifi Biznet"