Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengganti Password WiFi XL Home Fiber

Seringkali anda tidak menyadari bahwa gangguan internet penyebabnya bukan hanya gangguan dari penyedia layanan internet. Bisa juga gangguan tersebut disebabkan oleh terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan internet. 

Oleh karena itu diperlukan perubahan password WiFi secara berkala untuk menghindari terganggu nya jaringan internet anda oleh perangkat yang terlalu banyak tersambung. 

ganti Password WiFi XL Home Fiber

Jika anda pengguna jaringan internet dari XL Home, di artikel ini saya akan menyajikan tutorial tentang cara mengganti password WiFi XL Home sehingga anda dapat mengurangi perangkat yang tersambung ke jaringan internet di rumah anda.


Daftar Isi

Mengapa Mengganti Password WiFi Penting?


Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, teknologi yang dimiliki HP Android pun semakin mengikuti perkembangan teknologi ini. Salah satu hal yang paling mencolok adalah kemampuan HP Android yang bisa mengetahui password WiFi dengan cara scan password SSID WiFi yang sudah pernah tersambung ke jaringan tersebut. 

Oleh karena itu berhati hati lah jika anda pernah memberi tahu password WiFi kepada seseorang yang tidak anda kenal, walaupun anda sendiri yang mengetik kan password tersebut ke orang tersebut. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kata sandi router diketahui oleh orang lain.

Untuk menghindari hal ini maka diperlukan untuk mengganti password WiFi XL Home secara berkala dan tentu nya cara ini merupakan antisipasi awal tersebarnya password WiFi anda.

Persiapan Sebelum Mengganti Password


Sebelum mengganti password wifi, anda harus mengetahui dulu type router yang anda gunakan. XL Home menggunakan 2 type router yang digunakan yaitu router TP Link EN0120-F5 dan router ZTE F609. Jika sudah mengetahui type router yang digunakan, siapkan browser Google Chrome untuk masuk ke Web Admin dari router XL Home

Cara Ganti Password Wifi XL Home Router TP Link EN020-F5


Router TP Link EN020-F5 adalah router extender yang digunakan XL Home di jaringan Fiberstar. Router utama yang digunakan adalah ZTE F609 yang terdapat logo Fiberstar di bagian atas router. Namun sebaiknya anda tidak merubah settingan di router ZTE F609 Fiberstar, anda hanya perlu setting di router extender nya. 

Dan berikut adalah cara mengganti password Wifi XL Home Router TP Link EN020-F5:
  1. Sambungkan laptop atau komputer ke nama wifi anda
  2. Buka browser, dan ketik 192.168.0.1
  3. Ketik password web admin "xlhome2020"
  4. Pilih tab wireless, dan ganti password sesuai dengan keinginan anda
Note : Jika anda melakukan reset router TP Link EN020-F5, sandi wifi yang dimasukkan pada saat penyambungan SSID bawaan router ini adalah : enakandirumah+(4 nomor seri terakhir di belakang router)

Cara Ganti Password Wifi XL Home Router ZTE F609 Iforte


Router ZTE F609 Iforte digunakan oleh XL Home untuk pelanggan yang telah tercover tiang fiber Iforte. Mungkin di kota besar sudah banyak wilayah yang tersedia, tapi di daerah Cirebon sendiri hanya beberapa kecamatan saja yang tercover. 

Tidak seperti Fiberstar yang menggunakan router TP Link EN020-F5 sebagai router extender, Iforte justru menggunakan router ZTE F609 sebagai router utama. Berikut cara mengganti password wifi XL Home router ZTE F609 Iforte :
  1. Sambungkan laptop atau komputer ke nama wifi anda.
  2. Buka Browser dan ketikkan 192.168.1.1
  3. Isi username : admin, password : 1f0rt3f1b3r@zte
  4. Buka tab "Wireless" atau "Security," yang biasanya berisi pengaturan terkait WiFi.
  5. Ganti password sesuai dengan keinginan anda, kemudian save.

Tips Agar Jaringan WiFi XL Home Aman


Setelah Anda berhasil mengganti password, pastikan Anda hanya memberikan password baru kepada anggota keluarga atau orang yang Anda percayai. Jaga kerahasiaan untuk menjaga jaringan tetap aman.

Jika anda menggunakan XL Home di jaringan Fiberstar, jaringan internet anda dipastikan akan aman karena jaringan ini telah dilengkapi oleh router extender. 

Tapi jika anda menggunakan jaringan IForte, tambahkan router external yang berkualitas agar keharahasiaan password WiFi anda tetap terjaga, anda dapat menggunakan router seperti Xiaomi 4c, Ruckus, Ruji, atau merk router lain yang memiliki keamanan yang bagus.

Kesimpulan


Dengan tutorial yang saya sajikan di atas anda dapat dengan mudah untuk mengganti password WiFi anda secara berkala. Anda dapat melakukan tutorial ini di HP Android atau pun di komputer. 

Jangan lupa untuk cek perangkat yang terhubung di web admin router. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, segera lakukan penggantian password.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Password WiFi XL Home Fiber"